Wednesday 8 May 2013

Food Fact Part 2 : Cheese♡



Some fact of Cheese today. 

Chee,chee,cheese~ 

Here some fact of cheese :

1. Keju Kaya akan vitamin A yang penting bagi indra penglihatan, kesehatan kulit, jaringan permukaan dan perlindungan terhadap infeksi.

2. keju kaya kakan alsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah, menjaga fungsi saraf, otot dan irama jantung.

3. Keju juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu meredakan setress dan membantu tidur.

4. Kandungan kalori dan karbohidrat dalam keju juga sangat rendah sehingga cocok sebagai makanan diet.

5. Mengandung banyak mineral sehingga sangat baik untuk melindungi gigi dari kerusakan. 




6. Amerika Serikat adalah negara penghasil keju terbanyak
Berdasarkan data pada tahun 2006, Amerika Serikat menghasilkan sekitar 30% keju di dunia. Hampir sebanyak 4 juta metrik ton. Keju sebanyak itu bisa memberi makan setiap orang di dunia, termasuk anak-anak, keju seberat 2,2 pon setiap hari.

7. Keju paling mahal berasal dari Swedia
Keju yang paling mahal terbuat dari susu tiga rusa Amerika yang bernama Gullan, Haelga, dan Juna yang hidup di peternakan Bjursholm, Swedia. Rusa-rusa ini jinak, tidak seperti kebanyakan rusa Amerika. Walaupun begitu, membutuhkan waktu setidaknya dua jam untuk memerah susu mereka, dan itu hanya bisa dilakukan dalam bulan tertentu. Keju yang terbuat dari susu rusa ini dijual seharga USD 500 per pon.









8. Prancis bukan negara yang mengonsumsi keju terbanyak
Berdasarkan survei pada tahun 2003, negara yang paling banyak mengonsumsi keju adalah Yunani. Mereka memakan 60,6 pon keju setiap hari. Sementara Perancis ada di tingkat kedua dengan jumlah konsumsi sebanyak 52,9 pon keju per orang.

9. Keju terpopuler di dunia adalah Keju Cheddar
Walaupun nama Cheddar datang dari wilayah kecil dengan nama yang sama di Somersetshire, Britania Raya, Cheddar juga nama sebuah proses pembuatan keju yang dapat dibuat dimana pun di seluruh dunia. Sekitar 8,8 pon keju Cheddar dikonsumsi setiap tahunnya oleh tiap wilayah di Amerika Serikat.
 



10. Sebagai mata uang
Tahukah Anda, di abad ke-16 khususnya di Denmark, keju sering digunakan sebagai mata uang.

11. Keju cheddar
Beberapa jenis keju, seperti cheddar, ternyata bisa disimpan selama setahun atau lebih sebelum siap dikonsumsi. Bahkan, keju ini harus disimpan di kamar khusus maupun goa. Penyimpanan dalam goa ini menjadi alasan keju ini diberi nama cheddar. Tempat penyimpannya di Goa Cheddar Gorge, untuk lebih mematangkan kejunya. Keju inipun menjadi yang terbanyak dibuat di dunia. Raja Henry II menyatakan, keju cheddar merupakan keju terbaik di Inggris. Di dalam keju cheddar terkandung kalsium sebanyak sepertiga dari setengah liter susu yang dipakai.


12. Keju diolah dari susu rusa
Meskipun sebagian besar keju dihasilkan dari sapi, domba atau susu kambing juga bisa digunakan. Sebuah peternakan di Bjurholm, Swedia, mengandalkan susu rusa untuk membuat keju.


13. Dapur khusus keju
Bangsa Romawi Kuno memiliki dapur khusus, disebut careale, untuk membuat keju.
 






14. Keju kaya akan vitamin B12 dan asam folat dalam keju yang bermanfaat membantu sintesa DNA, pematangan sel darah merah dan menjaga fungsi syaraf. 

15. Keju kaya akan fosfor yang bermanfaat sebagai pembentuk ATP untuk produksi energi, pembentuk tulang dan gigi dan keseimbangan asam basa. 

Jenis - jenis Keju : 


1. Keju Parmesan : berasal dari kota Parma, Italia, keju ini umumnya sering dijumpai dalam bentuk bubuk. Keju Parmesan bubuk biasa digunakan untuk taburan topping pizza, spaghetti, hingga makaroni skutel panggang tapi bisa juga untuk campuran kue kering macam Kastengels. 



2.   Keju Cheddar : Berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris, keju Cheddar merupakan salah satu jenis keju yang sangat populer di Britania Raya. Di negara kita sendiri, Indonesia, keju (olahan) Cheddar juga menjadi salah satu yang dicari untuk digunakan sebagai bahan dasar kue dan makanan.






3.  Keju Edam : Keju Edam berasal dari Belanda, keju tradisional bulat dan berwarna kuning terang ini biasa dilapisi dengan paraffin secara rasa keju Edam ini sedikit mirip kacang dan tidak berbau tajam. Keju edam tergolong jauh lebih lembut dibandingkan jenis lainnya karena kandungan lemak keju Edam lebih rendah, namun sayangnya tidak terlalu coock untuk dijadikan topping dari macaroni panggang.




4. Keju Mozzarella : Mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong karena itulah keju ini disebut Mozzarella yang saat pembuatannya diputar dan dipotong (mozzare). Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya, secara tekstur jenis keju mozarella ini lembut dan berkadar air tinggi. Keju ini merupakan keju terbaik yang apabila langsung disajikan setelah pembuatannya.







Fact of Cheese, End~ Semoga bermanfaa♡ 


~Have A Nice Day & God Bless You~



No comments:

Post a Comment