Thursday 14 March 2013

Bokeh

Friends, hari ini aku bakal share tentang Bokeh. Nah, sebenernya Bokeh itu apa sih ?

Bokeh adalah karakteristik foto yang menonjolkan sebuah obyek utama yang fokusnya sangat tajam sementara latar belakang (dan atau depan) yang sangat kabur, atau dalam bahasa Inggris selective focusing. Bokeh dalam bahasa Jepang sendiri berarti 'menjadi kabur'. Nah, sifat kabur inilah yang membuatnya disebut Bokeh. Nah, gimana caranya membuat foto kita jadi "kabur" a.k.a Bokeh ? Ini dia caranya :

1. Pilih mode manual atau Aperture Priority (more about mode operasi kamera : click me )
2. Pilih setting aperture sebesar mungkin. Lihat tulisan f/x di lensa anda, semakin kecil x, semakin besar aperture dan semakin sempit bidang fokusnya.

3.  Pikirkan tentang faktor jarak, yakni jarak didepan dan dibelakang bidang obyek.



Misalnya kamu berdiri 1 meter didepan temanmu (jarak depan = 1 meter) dan kamu menjatuhkan titik fokus lensa pada mukanya. Temanmu berdiri sekitar 10 meter dari background terdekat (jarak belakang = 10 meter), maka background ini akan terlihat sangat kabur. Intinya, semakin kecil jarak depan (jarak antara lensa dan obyek) dan semakin besar jarak belakang (jarak antara obyek dan background) semakin kabur backgorundnya.

4. Banyak berlatih dan usahakan anda membeli lensa dengan kemampuan aperture sebesar mungkin

Tips : Jika anda memang menyukai bokeh, lensa non-zoom dengan aperture super besar adalah cara tercepat mendapat bokeh (misal: 85mm f/1.8 & 50mm f/1.8, dua lensa ini adalah lensa super cepat dan super murah juga penghasil bokeh yang luar biasa)

Contoh Bokeh :

Note :    1). No Bokeh or Blur      2). Synthetic Bokeh        3). Gaussian Blur










Okay. That's a little info about Bokeh. Hope its useful and I hope you enjoy it. :)
~Have a Nice Day & God Bless You~

Source : http://en.wikipedia.org/wiki/Bokeh & http://belajarfotografi.com/tips-memotret-foto-bokeh-creamy/

No comments:

Post a Comment